SELAMAT DATANG DI ART PAPER DARI KARUNIASEJATI - SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 19 Januari 2012

Kertas Daur Ulang

Siapa pun Anda, baik pria maupun wanita dari segala usia dan status sosial bisa dengan mudah melakukan kegiatan daur ulang kertas bekas di rumah. Oleh karena, proses daur ulang kertas yang penulis sampaikan pada kesempatan ini berbeda dengan apa yang telah dilakukan oleh para pengusaha kertas yang mempergunakan berbagai peralatan canggih (dalam bentuk pabrik kertas) dan membutuhkan dana investasi yang cukup besar. Selain itu, produk akhir yang dihasilkan juga berbeda. Dari sebuah pabrik kertas akan dihasilkan bermacam jenis kertas yang bersifat produk pakai. Sementara dari kegiatan proses daur ulang yang dilakukan oleh perajin akan dihasilkan produk kertas yang bersifat seni.
Sebagai produk seni, tentu saja penggunaan jenis-jenis kertas produk daur ulang ini lebih spesifik. Hampir sebagai besar diperuntukan sebagai bahan baku pembuatan cendera mata.

A. Dijadikan cendera mata
Sebagai suatu produk yang bersifat spesifik tentu proses pembuatan kertas-kertas daur ulang ini tidak dapat dikerjakan dengan cara massal, tetapi lebih ditekankan dengan cara-cara yang konvensional. Yaitu, dengan memanfaatkan jenis peralatan yang sederhana dan dikerjakan oleh tangan-tangan terampil yang penuh kreativitas.

Sebagai sebuah produk spesifik yang bersifat seni, tentu diharapkan perajinnya memiliki kreativitas yang tinggi agar bisa menghasilkan aneka kertas daur ulang yang menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Menilik begitu sederhananya proses pembuatan kertas daur ulang ini, maka alangkah baiknya bila dapat dimasyarakatkan lebih luas. Yaitu, dengan membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada para pelajar, pemuda, dan para ibu rumah tangga yang masih memiliki waktu luang untuk menghasilkan berbagai produk cendera mata unggulan dari kertas daur ulang ini.

B. Peluang pasar
Ide pembuatan cendera mata dari kertas daur ulang ini bermula dari program yang disampaikan oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) luar negeri. Tujuannya, untuk memberdayakan masyarakat pedesaan di beberapa wilayah Indonesia agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di luar negeri akan cendera mata dari kertas daur ulang. Artinya, sebagai besar cendera mata dari kertas daur ulang ini sangat diminati oleh masyarakat luar negeri dan turis-turis asing yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Dalam perkembangannya lebih lanjut, ternyata masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan yang diwakili oleh para remaja, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan penikmat produk spesifik ini sudah semakin menggemarinya, meskipun dengan harga yang cukup tinggi.

Mengingat kegiatan ini masih tergolong baru di Indonesia, maka peluang Anda masih cukup luas untuk menggapi pasar yang potensial. Anda dapat memasarkan produk cendera mata tersebut di tempat wisata, koperasi sekolah, pusat pembelanjaan, atau dapat dipasarkan lewat jasa pos (mail order). Untuk pemasaran ke luar negeri dapat Anda jalin kemitraan dengan para eksportir barang kerajinan lewat pameran dagang atau lewat jaringan internet. Anda tidak perlu berkecil hati untuk memasarkan sebuah hasil produk yang berkualitas karena seorang yang telah sukses pun pernah mengalami hal serupa pada awalnya.



1 komentar:

  1. bagaimana cara memasarkan produk kertas daur ulang,soalnya saya terbentur dengan pemasaranya.

    BalasHapus